Tuesday, November 13, 2012

New Honda BeAT FI Dengan Spesifikasi dan Harga


Kehadiran Honda Beat FI masih membuat penasaran, biar g penasaran yuk kita kupas tuntas spesifikasi lengkap dari Beat ini, Secara desain dan kasat mata nyaris terlihat bahwa Beat baru ini benar-benar baru dan memiliki desain yang sangat berbeda dari yang lama, tampak lebih berisi walaupun tidak bisa disebut gendut, masih terlihat ramping, cocok dengan selera anak muda.

Platformnya berbeda jauh dengan beat lama, yang baru ini justru menyerupai Honda spacy, walaupun mesinnya identik tapi kabarnya ada beberapa penyesuaian seperti pada kopling dan transmisinya, mungkin untuk menyesuaikan dengan karakter beat yang lebih ke anak muda sedangkan spacy lebih terhadap fungsionalitas.

Sumber: otomotifnet
Mesin ini tetap SOHC satu silinder dua klep, kapasitas ruang bakarnya 108 cc dan punya tenaga yang diklaim meningkat. Versi sebelumnya hanya 8,22 PS, kini jadi 8,52 PS di putaran mesin yang sama yaitu 8.000 rpm. Torsinya juga meningkat dari 0,85 kgf.m jadi 0,89 kgf.m.

Mesin baru yang mengusung teknologi injeksi generasi 4 ini diklaim konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 58 km/liter (irit yang lama ya bisa sampe 1:73 di iklannya walaupun kaspo xixixixi) atau lebih hemat 30 persen (bahasa iklan yang identik dengan mio J  ) dibandingkan dengan generasi sebelumnya bila diukur dengan metode pengetesan ECE R40.


Rangkanya juga dibuat baru agar mampu membuat bagasi lebih leluasa dengan tampilan baru ini bagasi mencapai luas 11,2 liter perubahan ini membuat box filter harus berpindah ke atas cvt dan aki menjadi lebih ke dalam, tapi tenang walaupun bagasinya 5x lebih besar tapi tidak membuat segendut spacy.

Fitur lain yang jadi andalan adalah dek pijakan kaki yang lebih lega, juga footstep model lipat memudahkan. Oiya, Combi Brake System (CBS) juga jadi fitur standar pada varian paling mahal. Makin safety kan! Satu lagi adalah mekanisme pengoperasian Parking Brake Lock baru yang memudahkan pengoperasiannya.

“Kalau pada rem CBS di Vario Techno harus di tarik ke atas, yang ini cuma ditekan ke dalam saja. Lebih mudah digunakan,” jelas Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT AHM.

All New Honda BeAT- FI ini dipasarkan mulai bulan Oktober 2012 dengan harga (on the road Jakarta) Rp 13,5 juta untuk varian CBS. Rp 12,9 juta untuk varian cast wheel dan Rp 12,1 juta untuk varian spoke wheel.

Untuk varian CBS terdapat 5 pilihan warna yaitu Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Trance Blue, dan Samba Orange. Sedang varian Cast Wheel dilengkapi 6 pilihan warna yaitu Techno White, Hard Rock Black, Electro Red, Groovy Blue, Disco Green, dan Samba Orange. Serta varian Spoke Wheel hadir dengan 3 pilihan warna Techno White, Hard Rock Black, dan Electro Red


Spesifikasi
Tipe mesin: 4-Langkah, OHC, pendinginan dengan kipas
Diameter X Langkah                       : 50×55 mm
Volume                                               : 108 cc
Perbandingan kompresi               : 9,2:1
Daya maksimum                              : 6,27 kW (8,52 PS) / 8.000 rpm
Torsi maksimum                              : 8,68 Nm (0,89 kgf.m) 6.500 rpm
Kopling                                                : Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Starter                                                 : Pedal dan elektrik
Sistem bahan bakar                       : Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki                               : 3,7 liter
Kapasitas minyak pelumas          : 0,8 liter pada pergantian periodik
Transmisi                                            : Otomatis, V-Matic
Sistem pengapian                           : Full Transisterized, Baterai
Kelistrikan                                          : Baterai 12V-3Ah (Tipe MF)
PanjangxLebarxTinggi                   : 1.863x675x1.072 mm
Jarak sumbu roda                           : 1.255 mm
Jarak terendah ke tanah              : 140 mm
Berat kosong                                    : 93 kg
Tipe rangka                                        : Tulang punggung
Tipe suspensi depan                      : Teleskopik
Tipe suspensi belakang                : Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Ukuran ban depan                         : 80/90-14 M/C 40P
Ukuran ban belakang                    : 90/90-14 M/C 46P
Rem depan                                        : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang                                  : Tromol
Sistem pengereman                      : Standar (tipe SW dan CW), Combi Brake (tipe CBS)




Kehadiran Beat FI ini semakin menambah warna di kelas Low Matic, fitur2 yang dulunya hanya ada di kelas premium kini telah dihadirkan juga di kelas Low, hasilnya kita melihat matic2 yang sangat valuable selain Beat FI ada Mio J dan juga Suzuki Nex FI yang bisa menjadi pilihan dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing, sekarang tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk memperoleh segala keunggulan dan fitur kelas Premium, sekali lagi konsumen diuntungkan disini, so jadilah konsumen yang cerdas.

Demikian sedikit penjelasan kami tentang new Honda BeAT FI. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment